Harga Tiket Masuk Bromo Probolinggo Terbaru 2019

Posted on

Harga Tiket Masuk Bromo – Selain pantai, spot terbaik untuk menikmati sunrise ataupun sunset adalah di dataran tinggi, tepatnya di puncak gunung. Selain bisa melihat semburat jingga di langit yang mempesona, pendaki juga bisa merasakan negeri di atas awan yang menakjubkan. Namun, mendaki gunung tentu membutuhkan persiapan yang matang, khususnya fisik sehingga banyak yang menyerah bahkan sebelum mencoba. Nah, buat Anda yang ingin menikmati sensasi sunrise di atas gunung bisa mencoba mengunjungi Gunung Bromo. Berikut informasi dan harga tiket masuk Bromo.

Sekilas Tentang Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi aktif yang dijadikan sebagai objek wisata. Banyak orang yang mengunjungi tempat ini untuk menikmati sunrise, senja atau melihat kawah Bromo dengan yang lebar dengan kebulan asap lebat di pagi hari. Bagi sebagian orang yang belum terbiasa akan merasakan sesak ketika asap tersebut mengepul sehingga sebaiknya pengunjung membawa masker untuk jaga-jaga.

Harga Tiket Masuk Bromo Probolinggo Terbaru 2019

Lokasi Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berlokasi di wilayah Probolinggo. Sebenarnya, gunung ini masuk ke dalam 4 kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruan dan Lumajang sehingga pengunjung juga bisa datang melalui 4 jalur yang berbeda. Namun, jalur yang paling mudah dan aman yaitu jalur Probolinggo melalui desa Cemoro Lawang. Sedangkan jalur lainnya merupakan jalur terjal dengan banyak tanjakan dan susah untuk dilewati mobil, terutama jalur dari Tumpang, Malang.

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dengan diameter kawah sekitar 800 m untuk arah utara-selatan dan 600 m untuk arah timur-barat. Gunung ini memiliki diameter kawah yang cukup panjang sehingga pengunjung bisa dengan jelas melihat kawah dan mendengarkan suara gemuruh magma di dalamnya.

Gunung ini berdiri di tengah lautan pasir yang luas sekitar 10 km persegi sehingga pengunjung harus menyewa jeep untuk bisa mencapai kaki gunung. Pengunjung juga bisa menggunakan motor tapi ya dengan perjuangan keras tentunya karena pasirnya akan membuat ban motor selip, kecuali motor track.

Harga Tiket Masuk Bromo

Harga tiket masuk bromo sangatlah terjangkau dan dibedakan untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Fyi nih, di Bromo Anda bakal menjumpai banyak bule, kalau beruntung juga bisa bertemu dengan artis terkenal Indonesia.


WisatawanWeekdaysWeekend
DomestikRp 27.500,-Rp 32.500,-
MancanegaraRp 217.500,-Rp 317.500,-

Selain membayar tiket masuk untuk perorangan, pengunjung juga akan dikenakan biaya masuk untuk kendaraan yang digunakan. Untuk motor Rp 5.000,-, sedangkan mobil sebesar Rp 10.000,-. Bahkan, pengunjung dengan sepeda pancal juga dikenakan biaya Rp 2.000,-. Pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir lagi nantinya ketika sampai di lokasi.

Note: Harga Tiket Masuk Bromo bisa berubah setiap saat setelah nanyatiket.com menulis artikel ini.

Kapan Waktu yang Tepat Mengunjungi Bromo?

Waktu paling tepat untuk berkunjung ke Bromo yaitu ketika matahari terbit dimana pengunjung akan disuguhkan jajaran gunung yang indah dengan dikelilingi oleh kabut yang tebal dan kilauan mentari pagi yang mulai menyapa. Tak sedikit juga pengunjung yang memilih berangkat tengah malam hanya untuk mendapatkan sunrise terbaik di Bromo.

Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke Bromo pada saat upacara Kasodo yaitu sebuah upacara adat masyarakat Tengger. Upacara ini dilaksanakan saat bulan purnama di bulan kesepuluh berdasarkan penanggalan Jawa. Upacara biasanya dilakukan di pura di sekitar bromo dan kemudian dilakukan arak-arakan ke puncak gunung.

Selain mengunjungi Bromo, spot lain yang tak boleh dilewatkan yaitu penanjakan 1 yang merupakan lokasi terbaik untuk melihat pemandangan Gunung Bromo dan jajaran gunung di sekitarnya. Selamat berlibur.

Bukit Cinta & Bukit Kingkong

Selain Penanjakan 1 dan Penanjakan 2, kita bisa menikmati Sunrise di Bukit Cinta dan Bukit Kingkong. Untuk mendapatkan tempat di kedua Bukit ini, kita harus datang pagi sekali. Usahakan jam 03.00 wib sudah naik ke bukit ini, sebab jika terlambat sedikit saja, kedua bukit ini sudah penuh sesak.

Mitos Bukit Cinta

Kepercayaan yang beredar di masyarakat tengger, jika wisatawan naik ke bukit cinta dengan memikirkan seseorang yang dicintainya, biasanya akan menjadi pasangan abadi atau dia bakal berjodoh dengan orang yang dia pikirkan itu.

Video Bromo

Kata kunci pencarian: harga tiket masuk bromo, berapa harga tiket masuk bromo, berapa harga tiket masuk ke bromo, berapa harga tiket masuk ke wisata gunung bromo, harga tiket masuk bromo 2019, harga tiket masuk bromo desember, harga tiket masuk bromo forest, harga tiket masuk bromo forest area, harga tiket masuk bromo hari ini, harga tiket masuk bromo hari sabtu


Kata kunci populer menuju halaman ini:
  • gambar ruang karaoke
  • taman buah mekarsari
  • tiket ke gunumg bromo
  • gambar masuk PARKIR
  • kebun buah mekarsari
  • harga tiket bromo 2019
  • jalan raya laut udara hitam putih
Summary
Review Date
Reviewed Item
Gunung Bromo Probolinggo
Author Rating
51star1star1star1star1star