Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Posted on

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan – Selain Candi Borobudur, Candi Prambanan juga menjadi salah satu situs bersejarah yang tidak hanya diakui di Indonesia saja, melainkan juga secara internasional. Candi Prambanan sudah dijadikan sebagai warisan budaya sejak 1991 silam. Meskipun sekarang candi ini sudah mengalami banyak pembaruan, namun hingga saat ini Candi Prambanan masih menjadi destinasi wajib saat wisatawan mancanegara berkunjung ke Yogyakarta. Megah dan Indah, bangunan yang penting bagi umat Hindu ini memiliki banyak hal yang patut untuk dieksplorasi.

Lokasi & Jam Operasional

  • Alamat Lengkap: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
  • Nomor Telepon: (0274) 496401
  • Jam Buka: Pukul 06.00 – 17.00 WIB
  • Maps: Klik di sini

Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan sendiri selalu dikaitkan dengan legenda Roro Jonggrang dan Prabu Boko. Meskipun tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, namun legenda ini sudah melekat di kehidupan masyarakat sekitar candi.

Kawasan wisata Candi Prambanan dibagi atas 3 zona yakni pelataran njobo, tengahan dan njeron. Konon pembagian zona ini terinspirasi dari ajaran agama Hindu. Plataran Njobo (luar) memiliki luas sekitar 390 meter persegi, pelataran tengahan memiliki luas 222 meter persegi sedangkan pelataran njeron (dalam) memiliki luas 390 meter persegi. Di Candi Prambanan dibagi atas dua jenis candi, yakni Candi Utama dan Candi Pendukung.


  • Candi Utama

Ini adalah candi yang paling besar dan yang paling sering dijadikan spot foto pengunjung. Bahkan candi ini bisa dilihat sebelum Anda memasuki kawasan candi. Candi Utama ini diperuntukkan untuk 3 dewa tertinggi, yakni Dewa Siwa, Dewa Wisnu dan Dewa Brahma. Candi Utama yang paling tinggi dan paling besar adalah Candi Dewa Siwa dengan lebar 34 meter persedi dan tinggi 43 meter. Didalamnya terdapat patu Siwa. Penganut agama Hindu sendiri menganggap Dewa Siwa sebagai dewa tertinggi.

Candi Dewa Wisnu terletak di kiri Candi Siwa yang didalamnya terdapat arca Dewa Wisnu dan jelmaanya, Krishna. Sedangkan Candi Dewa Brahma ada di sisi kanan Candi Dewa Siwa yang didalamnya terdapat arca Dewa Brahma setinggi 2 meter.

  • Candi Pendukung

Selain candi utama, di Candi Prambanan Anda juga akan menemukan candi-candi pendukung yang katanya dibangun untuk menghormati ketia dewa yang sudah disebutkan pada candi utama sebelumnya. Ada tiga candi pendukung yakni Candi Wahana, Candi Apit dan Candi Pendamping (Perwara). Candi Wahana merupakan candi tunggangan dewa seperti contohnya Candi Nandi yang ditempatkan di depan Candi Siwa. Sementara di depan Candi Wisnu juga terdapat Candi Garuda sebagai wahananya.

Candi Apit dibuat untuk menghormati istri dari Dewa Brahma, yakni Dewi Sarasvati. Sedangkan Candi Perwara atau Candi Pedamping ada sekitar 224 unit namun saat ini sudah banyak yang rusak sehingg luput dari perhatian pengunjung. Candi pedamping ini disusun 4 baris yang menggambarkan susunan pada kasta umat Hindu.

Harga Tiket Masuk Prambanan

Setelah membahas ada candi-candi apa saja di Prambanan, selanjutnya adalah harga tiket masuk Prambanan. Untuk pengunjung berusia 10 tahun keatas, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 40.000. Sedangkan untuk anak-anak berusi 3 sampai 10 tahun dikenakan biaya tiket masuk sebesar 20.000. Anda juga bisa mengambil tiket terusan atau paket wisata Candi Prambanan, Candi Plaosan dan Candi Sojiwan sebesar Rp 60.000 per orangnya.

Demikian review tentang wisata sejarah Candi Prambanan di Yogyakarta dan harga tiket masuknya. Semoga bermanfaat.

Video Review


Kata kunci populer menuju halaman ini:
  • sejarah candi prambanan yogyakarta
  • tiket masuk prambanan
Summary
Review Date
Reviewed Item
Candi Prambanan Yogyakarta
Author Rating
41star1star1star1stargray

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *